Bawaslu Blitar Siapkan Tim Awasi Paslon Saat Kampanye

| More
17 October 2020
Bawaslu_Kab_Blitar3.jpg
Radio ANDIKA - Bawaslu Kabupaten Blitar menyiapkan sejumlah tim untuk mengawasi proses kampanye Pasangan Calon (Paslon) saat kegiatan kampanye. Tim ini terdiri dari Satpol PP, Kepolisian dan Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Blitar.

Melalui ON AIR di Radio ANDIKA Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar ABDUL HAKAM SHOLAHUDDIN mengatakan dalam tahapan kampanye pemilihan kepala daerah di wilayah Kabupaten Blitar belum ditemukan pelanggaran protokol kesehatan. Baik dari tim kampanye atau dari Paslon sendiri. Metode kampanye di wilayah Blitar dari Paslon maupun tim kampanya lebih memilih lewat konvensional atau tatap muka. Paslon dan tim kampanye berkumpul di rumah salah satu kader lalu berinteraksi dengan masyarakat. Dalam hal ini, Bawaslu langsung menerjunkan tim gabungan ke lapangan untuk mengawasi dan pengecekan proses kampanye di lokasi. Lokasi kampanye harus memenuhi protokol kesehatan seperti menyiapkan tempat cuci tangan, penataan kursi dengan jarak 1 meter, tidak berkerumun, dan wajib memakai masker.

Menurut ABDUL HAKAM menambahkan jika diketahui tim kampanye atau Paslon melanggar protokol kesehatan saat kampanye, maka Bawaslu akan memberikan surat peringatan kepada Panwascam untuk diberikan kepada tim kampanye atau Paslon. Jika surat peringatan tersebut tidak juga diperhatikan, maka kegiatan kampanye akan dibubarkan.  Yang termasuk pelanggaran saat kampanye, misalnya ada yang tidak memakai masker, berkerumun saat kampanye, serta peserta lebih dari 50 orang di suatu wilayah.

ABDUL HAKAM menambahkan ketatnya disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, baik saat kampanye ataupun pemutungan suara nanti, merupakan langkah untuk mencegah penularan Covid-19. Harapannya jangan sampai ada klaster Pilkada baik dari penyelenggara, Paslon dan pemilih. Bawaslu menekankan kepada Paslon gunakan alat kampanye yang dibutuhkan masyarakat ditengah pandemi Covid-19, misalnya membagikan hand sanitizer dan masker.(ssi/aut)