Jokowi: Ekonomi Sedang Sulit, Bersabar dan Tetap Berusaha dengan Keras

| More
30 September 2020
samsul2.jpg
Radio ANDIKA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Rabu siang menyerahkan Bantuan Modal Kerja untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah secara simbolis di Istana Negara, Jakarta. Presiden berpesan, di tengah pandemi ini kondisi perekonomian memang sedang sulit, pelaku usaha diminta bersabar dan tetap berusaha dengan keras. 
 
Jurnalis Radio ANDIKA di Jakarta, SAMSUL HADI melaporkan,  penyerahan bantuan modal kerja secara simbolis ini dilakukan dengan tatap muka langsung, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan. Bertempat di halaman tengah Istana Negara, presiden dan perwakilan pelaku UMKM  duduk dengan jarak yang diatur, mengenakan masker, dan facesield. 
 
Dalam arahannya Jokowi mengatakan, saat ini tidak hanya pelaku UMKM yang dilanda kesulitan, melainkan juga pengusaha skala besar dan menengah. Bahkan Jokowi juga mengakui, perekonomian negara sedang dihadapkan pada situasi sulit, dan hal ini dialami oleh nyaris semua negara-negara di dunia. 
 
Jokowi juga mengatakan, saat ini Pemerintah sedang menyiapkan vaksin untuk mengatasi penyebarluasan virus Corona, di mana proses vaksinasi diharapkan bisa mulai dilakukan pada akhir Desember 2020 mendatang. Jika vaksinasi sudah bisa dilaksanakan, Jokowi berharap situasi kembali normal, sehingga roda perekonomian juga dapat digerakkan dengan baik. 
 
Sambil menunggu vaksin tersedia dan vaksinasi bisa dilaksanakan, Jokowi meminta pelaku usaha bersabar dan tetap berusaha dengan keras. 
 
Untuk mambantu pelaku UMKM bisa terus bertahan di tengah pandemi, Pemerintah akan memberikan bantuan modal kerja sebesar Rp 2,4 Juta kepada setiap pelaku usaha. Secara keseluruhan bantuan ini akan diberikan kepada 9,1 juta pelaku usaha, dengan total anggaran yang disediakan sebesar Rp.28,8 Trilyun. [shk/sha]