Usai Lakukan Koreksi Mandiri, KPU Temukan Pemilih Ganda

| More
30 September 2020
kpu_KAB.jpg
Radio ANDIKA - Usai melakukan Self Assesment (Koreksi Mandiri) pada data pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menemukan ada kegandaan data pemilih. Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, KPU Kabupaten Kediri, EKA WISNU WARDHANA mengungkapkan setelah melakukan Self Assesment (Koreksi mandiri) pada Data Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) yang telah ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS), KPU masih menemukan adanya data pemilih yang ganda.
 
EKA WISNU menambahkan, masih ditemukan Anomali dan Kegandaan data sehingga saat ini fokus untuk membersihkan data ganda dan anomaly tersebut. WISNU menjelaskan kegandaan data tersebut terbagi menjadi tiga kriteria, Kriteria Ganda I jika Ganda NIK, Kriteria Ganda II jika Ganda NIK dan Nama dan Kriteria Ganda III jika Ganda Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, dan Alamat.
 
Kriteria Ganda I sebanyak 645 pemilih dalam kecamatan dan 72 pemilih antar kecamatan, kemudian Kriteria Ganda II sebanyak 453 pemilih dalam kecamatan dan 168 pemilih antar kecamatan, serta Kriteria Ganda III sebanyak 2.176 pemilih. Memperhatikan temuan tersebut, data hasil self assesment akan difaktualkan oleh PPS dan PPK pada masa penyusunan DPSHP. Melalui Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP), KPU Kabupaten Kediri akan terus berkomitmen untuk memastikan Hak Pilih Warga Kabupaten Kediri benar-benar terlindungi.(atc/had)