Di Masa Pandemi, Tanaman Hias Naik Drastis Hingga Puluhan Juta Rupiah

| More
27 September 2020
TARWA_MUSTOPA_DOSEN_PERTANIAN_UNISKA.jpg
Radio ANDIKA - Harga sejumlah tanaman hias naik drastis hingga puluhan juta rupiah di masa pandemi covid-19. Tanaman hias yang mengalami lonjakan harga tersebut saat ini sedang diburu masyarakat. Mahalnya harga tanaman hias tersebut, antara lain karena faktor kelangkaan dan trend.

Dosen Pertanian UNISKA Kediri, TARWA MUSTOPA S.P.M.Agr. saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan ada sejumlah komoditas tanaman hortikultura yang naik drastis. Yang saat ini mengalami tren pelonjakan harga adalah tanaman hias dari daun-daunan. Seperti aglonema dan janda bolong atau monstera. Sebelum pandemi, harga aglonema 100 ribu. Tetapi sekarang harganya naik menjadi 500 ribu. Sedangkan janda bolong atau yang disebut monstera, harga sebelum pandemi 20 ribu dan sekarang naik menjadi 100 ribu. Keunikan tanaman ini mempunyai daun lonjong dan berlubang.

TARWA MUSTOPA menambahkan ada beberapa jenis monstera. Satu diantara monstera yang harganya naik drastis yaitu monstera variegata. Tanaman hias yang dikenal dengan janda bolong impor dari Jepang ini harganya mencapai puluhan juta rupiah per daun.

Menurut TARWA, harga tanaman hias ini naik tidak lepas karena 3 hal. Yaitu nilai estetika/ keindahan, kelangkaan dan trend. Ketiga faktor inilah yang menyebabkan  harga tanaman hias ini naik drastis. Selain itu dikarenakan faktor perbanyakan tanaman. Artinya, apabila tanaman tersebut tidak bisa diperbanyak dengan cepat dan mudah, maka harga yang mahal akan bertahan lama.

TARWA MUSTOPA menyarankan apabila ada masyarakat yang ingin berbisnis tanaman hias, maka yang paling aman adalah tanaman hias untuk taman. Hal ini dikarenakan harga tanaman ini stabil dan permintaan juga stabil.(stm/dip/nis)