Tidak Perlu Khawatir Donor, Darah Tidak Menularkan Covid-19

| More
17 September 2020
PMI_Kota.jpg
Radio ANDIKA - Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Kediri meminta masyarakat tidak perlu khawatir mendonorkan darah di PMI saat pandemi Covid-19. Sebab darah tidak menularkan Covid-19, tetapi Covid-19 hanya menular melalui droplet.
 
Ketika On Air di Radio ANDIKA, Kepala UDD PMI Kota Kediri, dr. IRA WIDYASTUTI mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir atau takut untuk donor darah. Karena PMI telah menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari penularan Covid-19. Mulai dari petugas PMI yang memakai Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, hingga tempat tidur pendonor yang disterilkan dengan disinfektan.
 
Sementara, masyarakat yang akan mendonorkan darahnya harus melalui screening yang ketat. Mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, harus memakai masker, harus mencuci tangan, serta mengisi formulir Covid-19. Hal ini untuk mendeteksi riwayat perjalanan pasien. Pendonor yang tidak memilki resiko Covid-19, baru bisa mengisi formulir pendonor. Setelah mencuci lengan, pendonor baru bisa mendonorkan darahnya.
 
UDD PMI Kota Kediri sempat was-was, sebab sejak diumumkan darurat penanganan Covid-19 oleh pemerintah pada 16 Maret 2020 lalu. Jumlah pendonor turun drastis hingga 75%. PMI Kota Kediri kemudian membuat inovasi dengan memberikan souvernir pendonor, sejak 17 Agustus hingga 17 September 2020 ini, saat PMI merayakan HUT ke-75. PMI juga sempat mengirim surat ke sejumlah instansi usai menemui Walikota Kediri, ABDULLAH ABU BAKAR, untuk mencari solusi terkait stok darah yang menurun. Sebagai Kepala UDD PMI Kota Kediri, dr. IRA WIDYASTUTI bersyukur, sampai hari ini, stok darah di PMI Kota Kediri kembali normal.

Dalam merayakan HUT PMI ke-75, saat pandemi Covid-19 belum usia, PMI Kota Kediri tidak menggelar acara yang mengumpulkan massa. Menurut dr. IRA, pihaknya merayakan HUT PMI dengan memberikan souvenir cantik kepada para pendonor.(had/eva)