Pengamat : AHOK Bongkar Kekurangan Pertamina, Signal Baik untuk BUMN Lain

| More
17 September 2020
PENGAMAT_KEBIJAKAN_PUBLIK_UMM_.jpg
Radio ANDIKA - Pernyataan BASUKI TJAHAJA PURNAMA atau AHOK yang membongkar minus di PT. Pertamina (Persero) menulai kontroversi belakangan ini. Apa yang disampaikan AHOK, meski mengundang kontroversi, dinilai bisa menjadi signal baik untuk perbaikan BUMN lainnya. 
 
Pengamat kebijakan publik, Dr. TRI SULISTYANINGSIH, M.Si., saat On Air di Radio ANDIKA menjelaskan, sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), AHOK memang memiliki tugas sebagai pengawas sekaligus pemberi arahan. Menjadi hal yang wajar ketika AHOK memamaparkan hasil pengawasannya ke publik. Menurut Dr. TRI, hal tersebut adalah bentuk transparansi. Namun, banyak pihak yang mempermasalahkan, karena AHOK adalah bagian dari instansi tersebut. Sehingga pernyataannya yang membongkar kekurangan di tubuh Pertamina dinilai tidak etis.
 
Dr. TRI menambahkan, sebagai perusahaan monopoli, harusnya Pertamina mencatatkan labat atau untung banyak. Namun pada kenyataannya, selama ini di pemberitaan Pertamina selalu merugi. Sehingga, anggapan masyarakat luas pasti ada yang salah di tubuh dan tata kelola Pertamina. 
 
Menurut TRI SULISTYANINGSIH, pernyataan AHOK bisa menjadi gambaran secara umum kondisi perusahaan BUMN lainnya. Reformasi pada perusahaan-perusahaan BUMN dinilai perlu segera dilakukan. Karena perusahaan BUMN adalah Badan Usaha Milik Negara yang seharusnya memberikan kontribusi untuk negara. Dr. TRI menilai harus ada sinergitas yang jelas antara BUMN dengan pemerintah selaku pemilik usaha. Selain itu, harus ada integritas dan loyalitas dari pengelola BUMN.
 
Sebelumnya, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) BASUKI TJAHAJA PURNAMA atau AHOK membuka aib manajemen Pertamina. Berbagai permasalahan di tubuh Pertamina dibuka AHOK mulai kebiasaan langsung melobi menteri hingga persoalan gaji direksi yang disebut tidak wajar. AHOK juga mempermasalahkan soal pencopotan jabatan, tetapi gaji pegawai yang nonjob tersebut tetap tinggi. Dalam unggahan videonya, AHOK juga menyoroti Pertamina yang hobi berhutang. (nis/had/rom)