Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pedagang dan Pengunjung Pasar Kras Jalani Rapid Test

| More
16 September 2020
3518.jpg
Radio ANDIKA - Untuk antisipasi awal penyebaran Covid-19, ratusan pedagang dan pengunjung Pasar Kras Kabupaten Kediri, hari ini menjalani rapid test. Rapid test dilaksanakan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPP) Kabupaten Kediri mulai jam 08.00 sampai 10.30 WIB. 
 
On Air di Radio ANDIKA, Kepala UPTD Pasar Kabupaten Kediri, Drs. TITO BUDI mengatakan, dari 400 pedagang dan pembeli di Pasar Kras, petugas melakukan rapid test random terhadap 120 orang. Dari rapid test tersebut, petugas menemukan 5 pedagang dan 1 pengunjung yang reaktif. Selanjutnya, keenam orang tersebut dianjurkan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Jika muncul keluhan sesak nafas dan flu berlebihan, dianjurkan segera menghubungi fasilitas kesehatan terdekat.
 
TITO menambahkan, rapid test ini rencananya akan terus dilakukan kedepannya. GTPP bersama UPTD Pasar sudah menyiapkan plotting pasar mana saja yang akan dilakukan rapid test. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi dini dan memutus penyebaran Covid-19 di Pasar Tradisional.
 
TITO mengapresiasi pedagang dan pengunjung pasar yang kooperatif selama rapid test berlangsung. Mereka dengan sadar memeriksaan diri dan tidak sampai kejar-kejaran dengan petugas, meskipun awalnya ada ketakutan. Ia juga berharap agar pandemi ini segera berakhir.(eva/aut)