Konseling untuk Orang Tua Penting Selama Dampingi Anak Belajar Daring

| More
16 September 2020
Dr_MUHAMMAD_NURSALIM_M_Si_Dosen_UNESA.jpg
Radio ANDIKA - Konseling untuk orang tua dinilai penting selama mendampingi anak belajar daring. Karena, pengaturan emosi terhadap orang tua dibutuhkan agar emosi yang diluapkan kepada anak tidak menimbulkan perilaku menyimpang. 

Pakar bimbingan konseling dan psikologi dari Unesa, Dr. MUHAMMAD NURSALIM, M. Si., saat On Air di Radio ANDIKA menjelaskan harusnya konseling diberikan secara berkala, sejak pranikah. Pemerintah diharapkan menyediakan lembaga sosial yang menyediakan konseling untuk calon orang tua. Hal itu penting, terlebih karena di masa pandemi orangtua  juga bertanggung jawab penuh terhadap pendidikan anak selama pembelajaran daring.

Dr. NURSALIM menambahkan karena sampai saat ini belum ada lembaga yang menyediakan konseling tersebut, Pemerintah kabupaten atau kota, melalui Dinas Pendidikan setempat, bisa berkoordinasi dengan kepala sekolah  untuk memberikan edukasi kepada orangtua tentang cara mendampingi anak selama Pembelajaran Jarak jauh (PJJ).  Dalam hal ini, perguruan tinggi juga bisa dilibatkan untuk menekan biaya operasional pelaksanaan konseling pada para orangtua.  Terutama, memnafaatkan program pengabdian masyarakat dari perguruan tinggi yang mempunyai program Keguruan dan Ilmu Pendidikan,  Bimbingan dan Konseling, serta Psikologi.

Selama ini , Dr. NURSALIM menilai, intensitas pertemuan anak dengan orang tua relatif sedikit. Banyak orang tua yang terlalu mempercayakan pendidikan anaknya sepenuhnya pada pihak sekolah. Sehingga, di masa pandemi, para orangtua kelabakan saat terpaksa menjadi guru untuk anak-anaknya. (nis/aut)