Human Error Menjadi Penyebab Kebakaran Hutan di Trenggalek

| More
04 August 2020
159_joko.jpg
Radio ANDIKA - Berdasarkan evaluasi dari BPBD Kabupaten Trenggalek, Human error menjadi penyebab utama kebakaran hutan yang sering terjadi di Kabupaten Trenggalek, sepanjang tahun 2019.  Lebih dari 13 titik kebakaran yang menjadi perhatian BPBD di tahun 2020 ini.
 
Saat ON AIR di Radio ANDIKA Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Trenggalek JOKO RUSIANTO mengatakan, kejadian kebakaran sampai saat ini tidak banyak. Sebab masih belum sepenuhnya masuk musim kemarau yang memiliki tingkat kerawanan cukup tinggi.
 
Jika berkaca pada tahun 2019 lalu, kebakaran hutan di wilayah Trenggalek cukup luas, tetapi tidak mengakibatkan korban jiwa. Kebakaran hutan menjadi tanggung jawab penuh dari BPBD Trenggalek. Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kebakaran hutan secara meluas tahun ini, BPBD menempatkan beberapa Tim Reaksi Cepat (TRC) dibeberapa desa. Tujuannya jika sewaktu-waktu muncul api di hutan bisa segera berkoordinasi dengan BPBD maupun PMK.
 
Upaya BPBD kabupaten Trenggalek, dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar menjaga hutan terhindar dari kebakaran, yakni melalui mitigasi bencana untuk tidak membakar, menjarah hutan atau beraktifitas yang memicu kebakaran hutan. Bukan hanya kebakaran hutan yang diperhatikan saat musim kemarau, tetapi juga krisis air bersih yang kerap terjadi diwilayah Kabupaten Trenggalek. BPBD juga memperhatikan pasokan air bersih dibeberapa desa yang mengalami kekeringan. Langkah ini sebagai upaya antisipasi saat musim kemarau bagi masyarakat yang terdampak di wilayah Kabupaten Trenggalek.(ssi/atc)