Cara Sehat Mengkonsumsi Daging Kurban Agar Terhindar dari Risiko Kolesterol

| More
31 July 2020
dr_adriyawan_spjp.jpg

Radio ANDIKA - Cara mengkonsumsi daging kurban pada saat Hari Raya Idul Adha ini tentunya perlu diperhatikan. Karena pemilihan daging dan cara memasak yang tepat sebelum dikonsumsi, bisa mengurangi risiko penumpukan kolesterol dalam tubuh. Penumpukan kolesterol ini bisa berdampak besar pada kesehatan jantung.

dr.ADRIYAWAN WIDYA NUGRAHA, Sp.JP saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, jenis daging merah seperti daging sapi dan domba memiliki kandungan lemak jenuh lebih tinggi dibandingkan daging kambing. Saat mengkonsumsi daging hewan tersebut sebaiknya memperhatikan porsi yang wajar.

Cara memasak atau mengolah daging juga sangat penting untuk mengurangi tumpukan kolesterol dalam tubuh. Menurut dr.ADRIYAWAN, daging yang dimasak secara dipanggang lebih baik dibanding memasaknya menggunakan santan dan garam yang cukup banyak. Karena santan dan garam akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh yang berdampak negatif bagi kesehatan.

dr.ADRIYAWAN mengatakan, kolesterol memang dibutuhkan bagi tubuh, terutama untuk produksi hormon, pembentukan dinding pembuluh darah dan kegunaan lain. Tetapi bagi seseorang yang memiliki aktifitas olahraga kurang, maka kolesterol akan membentuk sel adiposa atau lemak jaringan di sekitar bawah kulit.

dr. ADRIYAWAN menambahkan, jika terjadi inflamasi dalam tubuh seseorang maka dampak yang muncul berupa gangguan kesehatan karena tingginya kolesterol. Seseorang yang memiliki kandungan kolesterol tinggi beresiko terkena jantung koroner. Meskipun penyakit jantung bisa karena faktor genetik, tetapi menjaga kesehatan jantung dengan konsumsi makanan yang proporsional akan jauh lebih baik.(eko/adr)