Walikota Kediri Bagikan Kiat Suksesnya dalam Orientasi Siswa Secara Daring

| More
14 July 2020
Walikota.jpg
Radio ANDIKA - Walikota Kediri ABDULLAH ABUBAKAR menjadi pemateri dan membagikan kiat suksesnya Orientasi siswa secara daring di SMAN 5 Taruna Brawijaya Kediri. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ajaran baru diawali dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau akrab disebut orientasi siswa. Hanya saja MPLS tahun ini dilakukan secara daring, lantaran di tengah pandemi Covid-19.

Walikota Kediri ABDULLAH ABU BAKAR menyampaikan materi mengenai Peran Pemuda dalam Membangun Bangsa. Dalam materinya walikota menyampaikan peran pemuda dari masa ke masa. Dimana dulu peran pemuda berjuang dalam mencapai suatu kemerdekaan Indonesia. Kini pemuda berperan sebagai agent of change, agent of development , agent of modernization , membangun pendidikan, dan memiliki semangat juang tinggi.

Banyak hal yang bisa di develop saat ini dan yang bisa nge develop adalah pemuda. Anak muda memang yang harus memimpin. Jika kemarin siswa belajar di sekolah dan saat ini di rumah siswa harus belajar lebih. Walikota menjelaskan data demografi distribusi populasi berdasarkan data BPS Kota Kediri tahun 2019. Untuk usia 0-14 tahun sebanyak 66.022 jiwa, usia 15-29 sebanyak 76.263 jiwa, usia 30-44 sebanyak 64.853 jiwa, usia 45-59 sebanyak 52.156 jiwa dan usia lebih dari 60 tahun sebanyak 26.288 jiwa.

Distribusi menurut pendidikan, untuk lulusan SMP sebanyak 45.861 jiwa, SLTA sebanyak 100.127 jiwa, dan perguruan tinggi sebanyak 112.223 jiwa. Artinya strata pendidikan di Kota Kediri saat ini cukup tinggi. Jadi milenialnya sangat banyak. Supaya programnya keren orang tua harus sering mengajak anak-anak untuk brainstorming. Walikota juga menceritakan kisah suksesnya. Dimana pada usia 22 tahun dirinya telah berhasil memiliki perusahaan sendiri. Lalu pada usia 29 tahun berhasil menjadi Wakil Walikota Kediri dan usia 34 tahun menjadi Walikota Kediri.(atc/stm)