Masyarakat diminta Tetap Tenang Sikapi Virus Corona

| More
24 January 2020
corona.jpg
Radio ANDIKA - Masyarakat diminta tetap tenang menyikapi berita terkait Virus Corona. dr. FAUZAN ADIMA, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, On Air di Radio ANDIKA menyampaikan, virus Novel Corona ini muncul di wilayah Wuhan, Provinsi Hubei, China. Virus ini masih satu keluarga dengan virus SARS yang pernah merebak pada tahuin 2003 yang lalu. Secara ilmiah, virus Corona diberi nama 2019 NCOV atau Novel Corona Virus 2019. Virus ini termasuk virus airborne yang menyebar melalui udara.
 
Secara umum gejala pada pasien yang terinfeksi virus Corona hampir sama dengan infeksi virus SARS. Dalam tahap ringan, pasien akan menderita demam tinggi hingga di atas 38 Derajat Celcius, batuk dan sesak nafas. Dalam tahap lanjutan, pasien dengan riwayat sakit paru atau jantung dan pasien lanjut usia akan mengalami gejala sakit yang lebih parah bahkan hingga bisa mengakibatkan kematian.
 
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia sudah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh unit Kemenkes di seluruh wilayah Indonesia untuk memberikan kesiap-siagaan terkait virus Corona ini. Kemenkes RI memberikan perhatian lebih pada Bandara Internasional yang terkoneksi dengan penerbangan Internasional terutama dari China dengan menyiagakan pemindai suhu tubuh atau Thermal Body Scanner. Kemenkes juga memberikan perhatian pada daerah-daerah di Indonesia yang menjadi destinasi wisawatan manca negara dan kawasan bisnis internasional.
 
dr. FAUZAN ADIMA meminta masyarakat tidak perlu khawatir dan panik terkait virus Corona. Meski demikian, masyarakat tetap diminta waspada, menerapkan pola hidup sehat, dan menghindari kontak langsung dengan hewan-hewan yang diduga menjadi faktor virus. Masyarakat juga diminta menggunakan masker sesuai standar kesehatan.(rom/sha)