Warga Ngancar Pingsan, Sewaktu Gali Sumur Di Blitar

| More
17 November 2019
16110.jpg
Radio ANDIKA - Warga Selorejo, Ponggok, Kabupaten Blitar sempat heboh sewaktu ada warga yang pingsan di dalam sumur. IPTU SONY SUHARTANTO, Kapolsek Ponggok saat ON AIR di Radio ANDIKA menyampaikan, laporan tersebut masuk sekitar jam 10.15 WIB.
 
Kejadian awalnya, sekitar jam 08.00 WIB, saat LAMIDIN, usia 50 tahun, warga Kaligedok, Ngancar, Kabupaten Kediri bersama rekannya bekerja menggali sumur di rumah milik MUAJI di Selorejo, Ponggok. Sebelum memulai pekerjaan, LAMIDIN membakar seikat daun kelapa atau Blarak kering, dan memasukkannya ke dalam sumur supaya gas beracun dalam sumur tersebut hilang.
 
Setelah dua jam, LAMIDIN menyiramkan air ke dalam sumur cor-coran tersebut dan mulai turun dengan tangga yang diikat tali. Diameter sumur sekitar 1 meter dengan kedalaman sekitar 12 meter. Sumur ini sudah beberapa waktu ini kering, dan akan digali supaya air kembali keluar.
 
Korban turun dan mulai mengali lumpur di dasar sumur. Tanah dan lumpur galian dimasukkan ke ember dan ditarik ke atas oleh rekan kerjanya. Baru sekitar 15 ember dinaikkan, LAMIDIN pingsan. Rekan dan warga sekitar tidak berani turun ke sumur mengevakuasi korban. Warga khawatir ada gas beracun dalam sumur tersebut.
 
Petugas Polsek Ponggok koordinasi dengan Pos Basarnas Trenggalek untuk melakukan pengangkatan korban. Evakuasi korban baru berhasil dilakukan sekitar jam 17.00 WIB oleh Tim Basarnas Pos Trenggalek. LAMIDIN berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat, tetapi kondisinya lemas karena cukup lama berada di dalam sumur. Kemudian LAMIDIN langsung diantar ke Rumah Sakit Mardi Waluyo Blitar.(rom/eva)