Polda Jatim Musnahkan 11 Kilogram Barang Bukti Sabu-Sabu

| More
23 October 2019
0911.jpg
SURABAYA - Kepolisian Daerah Jawa Timur memusnahkan sebanyak 11 kilogram barang bukti sabu-sabu yang disita dari jaringan internasional beberapa waktu lalu di halaman Mapolda setempat di Surabaya, Rabu. Dirresnarkoba Polda Jatim Kombes Pol SG Manik di sela pemusnahan mengatakan, sabu-sabu yang dimusnahkan adalah barang bukti dari pengembangan jaringan lama, yakni jaringan Malaysia yang berniat masuk Jatim.

"Pengembangan kasus lama, yang pertama dari Malaysia lewat Jakarta. Yang kedua yang 11 kilogram juga barang dari Malaysia ditangkap di Pontianak. Sekarang kasusnya sudah P21, tinggal lima hari lagi kami serahkan ke kejaksaan," ujarnya.

Ia menduga hal ini dari jaringan Sokobanah karena menggunakan modus yang sama, yakni memasukkan sabu ke galon cat.

"Modusnya menggunakan galon cat. Jadi yang pertama itu disembunyikan galon, yang kedua juga, ada 11 kilogram sabu di galon, cuma yang kedua modusnya murni galon dan sudah dilakban semua," ucapnya.

11 kilogram sabu-sabu tersebut, kata dia, langsung dimusnahkan melalui alat pemusnah khusus, termasuk memusnahkan 274 ribu pil double L dari jaringan yang saat ini kasusnya masih dikembangkan.

"Totalnya 11 kilogram sabu-sabu dan pil double L atau koplo. Untuk jaringannya masih kami kembangkan," kata perwira polisi menengah tersebut.

Sementara itu, proses pemusnahan juga disaksikan beberapa perwakilan unsur petugas, antara lain pihak TNI dan petugas imigrasi serta dari unsur pemerintah diwakili Kepala Bakesbangpol Jatim Jonathan Judianto. (ant-art)