Kanwil Kemenkumham: Tahun Ini Ada Penutupan Enam Akun Notaris Di Jatim

| More
19 September 2019
0791.jpg
SURABAYA - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur mengungkapkan, akan ada enam notaris yang ditutup akunnya pada tahun 2019 ini karena diduga terlibat kasus tindak pidana.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim SUSY SUSILAWATI mengatakan, sejak tahun 2017 sudah ada sekitar 733 notaris yang diperiksa oleh Majelis Kehormatan Notaris (MKN) Wilayah Jatim. Menurutnya, banyaknya notaris di Jatim membuat pengawasan yang dilakukan belum optimal. Untuk itu pihaknya akan meningkatkan peran pengawasan dengan berbasis aplikasi dalam jaringan.
Ia mengatakan, peningkatan jumlah notaris di Jatim cukup luar biasa, yakni sejak 2017, setidaknya ada 300 notaris baru yang dilantik, sehingga saat ini di Jatim ada sebanyak 2.191 notaris.

Hal ini, menunjukkan bahwa pihaknya tidak main-main dalam melakukan pengawasan kepada notaris, dimana sudah ada pergeseran perilaku pelanggaran, dari yang awalnya hanya sebatas melanggar kode etik menjadi tindakan pidana. Termasuk dalam memanfaatkan aplikasi berbasis media elektronik yang diciptakan Bidang Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham Jatim. Dengan begitu, pengawasan akan lebih mudah, dan pihaknya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. (antara-art)