BKSP Jatim Dorong Perusahaan Optimalkan Tenaga Magang

| More
16 July 2019
Magang.jpg
Surabaya – Ketua Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi (BKSP) Jatim ADIK DWI PUTRANTO mengatakan, dengan adanya peserta magang di sebuah perusahaan, maka bisa terbantu proses produksinya.

Selain itu, para peserta magang nantinya juga dididik sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan itu. Pendidikan Sistem Ganda (PSG) merupakan upaya meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan yang relevan dengan dunia kerja. Peningkatan kualitas lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) merupakan hal yang dibutuhkan saat ini.

Terlebih, pendidikan mempunyai fungsi meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) agar mampu berperan lebih kreatif dan inovatif dalam pembangunan. Dalam upaya memenuhi kebutuhan tenaga kerja, diperlukan sinergi antara dunia pendidikan dan dunia usaha–dunia industri (DUDI) untuk dapat menghasilkan sumberdaya manusia yang diharapkan.

Banyak keuntungan yang didapatkan di antaranya perusahaan tidak perlu lagi melakukan tes terhadap calon pegawai, karena dari siswa magang sudah diketahui bagaimana kerja yang dilakukannya. (ant-had)