Bawa Molotov, 3 Mobil Elf Rombongan Peserta Aksi 22 Mei Diamankan Polisi

| More
21 May 2019
1331.jpg
SURABAYA, KOMPAS.com - Tiga mobil Elf berisi 56 orang diamankan polisi di jembatan Surabaya-Madura ( Suramadu), Senin (20/5/2019) pagi. Polisi menyebut, salah satu mobil Elf membawa rangkaian bom molotov.
 
"Kami temukan bom molotov. Ada empat kalau tidak salah, karena itu kami giring ke sini untuk diperiksa lebih lanjut," kata Kapolda Jawa Timur, IRJEN LUKI HERMAWAN di Mapolda Jawa Timur.
 
LUKI memastikan, para penumpang asal pulau Madura itu akan menuju ke Jakarta untuk mengikuti aksi pada 22 Mei mendatang. Pihaknya mengklaim telah menggagalkan 1.200 orang dari berbagai daerah yang akan berangkat ke Jakarta sejak dua hari terakhir. Selain dari Madura, ada juga yang dari Malang dan dari Madiun.
 
"Ada juga 24 orang dari Kalimantan Selatan lewat pelabuhan. Mereka sudah memesan tiket kereta api ke Jakarta. Juga ada dari Sumba dan NTT ke Bali dan mendarat di Banyuwangi," ucapnya.
 
Menurutnya, mereka akan dikembalikan ke tempat asal masing-masing. Jika bermasalah, akan diperiksa dulu di Mapolda Jawa Timur. Ajakan untuk ke Jakarta beredar dari kelompok pendukung 02 yang merasa tidak puas dengan hasil Pilpres 2019. Mereke berencana menggelar aksi di kantor KPU sambil mendengarkan keputusan tentang pemenang Pilpres 2019.(Achmad Faizal-kompas/ev)