Bekerja di Rumah tapi Tak Fokus? Ini Cara Mengatasinya

| More
25 March 2019
ngipok.jpg
Bekerja rumah menjadi pilihan yang sangat membahagiakan bagi sebagian orang.

Karena dapat mengatur waktunya sendiri secara lebih leluasa, dan dapat istirahat kapanpun disaat yang diinginka tanpa harus takut merasa diawasi oleh atas atau CCTV. Selain itu, yang paling membahagiakan yaitu dapat selesai kapanpun disaat pekerjaan hari itu memang sudah selesai tanpa harus menunggu jam pulang kerja tiba.

Namun sayangnya ada masalah besar yang sulit para pekerja hindari dan tangani ketika bekerja dari rumah. Apakah itu? Kurang dan bahkan tidak fokus.

Masalah satu ini memang cukup fatal karena jika sudah tidak fokus maka pekerjaan akan terbengkalai, menumpuk dan akhirnya tidak ada satupun yang dapat diselesaikan.

Apakah Anda salah satu yang merasakan hal tersebut Jika, iya jangan khawatir berikut ada 3 tips jitu untuk membuang jauh ketidak fokusan Anda saat bekerja dari rumah. Mau tahu apa saja?

Dilansir dari laman Thrive Global, berikut tiga tips membuat Anda tetap fokus bekerja selama dirumah:

1. Buat target, selesaikan dan hadiahi diri Anda atas penyelesaian target itu

Hal terpenting yang harus diingat baik-baik saat bekerja dari rumah yakni, 'tanggung jawab untuk selesaikan semua tugas yang Anda miliki'. Langkah pertama sebelum memulai bekerja, maka ada baiknya Anda membuat daftar target pekerjaan apa saja yang akan diselesaikan pada hari tersebut.

Lalu, jangan lupa untuk berjanji pada diri sendiri, jika ini semua selesai maka akan ada hadiah yang besar menanti. Nantinya, jika Anda sudah mulai merasa tidak fokus atau bahkan tidak memiliki gairah lagi, maka hadiah ini lah yang akan menjadi penyemangat Anda.

Tidak perlu hadiah mahal atau rumit yang dapat memusingkan diri sendiri. Pilihlah hal-hal atau benda yang memang mungkin saat ini Anda lakukan atau inginkan. Misal, membeli es krim, atau hanya sekedar berjalan-jalan santai.

2. Media sosial, ini gangguan terbesar Anda

Dengan dalih ingin terus mendapatkan informasi terbaru bukan menjadi alasan Anda untuk tetap terus menatap layar handphone dan tidak mengerjakan apapun.

Bermain hanphone dan membuka media sosial, nantinya akan membuat Anda kecanduan dan susah untuk menghentikannya. Tanpa sadar waktu Anda untuk bisa bekerja dirumah telah habis begitu saja.

Untuk itu, jauhilah sejenak untuk membuka media sosial selama sudah memulai untuk bekerja dan ketika sudah tiba waktunya istirahat barulah Anda membuka media sosial untuk menghilangkan sedikit kepenatan pekerjaan.

3. Pisahkan ponsel kerja dan pribadi, simpanlah ponsel pribadi Anda

Salah satu orang bijak pernah berkata, 'pisahkanlah dunia pribadi dan dunia pekerjaan Anda,'.

Jika Anda sudah memisahkan ponsel pribadi dan ponsel pekerjaan, maka simpanlah ponsel pribadi tersebut. Ini akan lebih membantu Anda untuk tetap fokus selama bekerja di rumah.

Jadi meskipun salah satu ponsel disimpan, Anda akan tetap mendapatkan informasi terkini atau hal-hal penting dai kantor.

Namun ingatlah, jangan menyimpan aplikasi media sosial apapun di ponsel kantor ini karena itu akan percuma saja.(Ayu Lestari Wahyu Puranidhi-liputan6.com/jko)