RSUD Jombang Siapkan Ruangan untuk Caleg Depresi

| More
14 March 2019
rs.jpg
Perhelatan Pemilu 2019 menjadi perhatian tersendiri bagi RSUD Jombang. Rumah sakit pelat merah ini menyiapkan ruangan khusus untuk caleg (calon legislatif) yang mengalami depresi karena gagal.

Upaya tersebut dilakukan oleh RSUD Jombang karena berkaca pada Pemilu sebelumnya. Pada pemilu 2014 itu, rumah sakit tersebut sempar merawat sejumlah caleg yang mengalami depresi. “Saat itu, kita menerima pasien caleg depresi. Namun tidak sampai menjalani rawat inap,” kata Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran, Kamis (14/3/2019).

Pudji mengatakan, saat itu caleg yang depresi hanya diberikan terapi psikologi dan obat jalan. “Diagnosanya hanya neorosa dan psikosomatis tidak sampai psikotik (gangguan kejiwaan parah). Semua tertangani dengan baik dan hanya rawat jalan,” ujarnya.

Berdasarkan pengalaman tersebut, pada Pemilu 2019 ini RSUD Jombang sudah menyiapkan sarana prasarana. Semisal menyediakan ruangan khusus yang berada di Paviliun Mawar. Kemudian menyiapkan tenaga spesialis kesehatan jiwa.

“Kami juga menempatkan sejumlah perawat serta ruangan isolasi yang cukup bersih dan nyaman. Baik pasien yang dilakukan rawat inap maupun rawat jalan. Tentunya, juga obat-obatan,” ungkapnya.(Yusuf Wibisono-Beritajatim.com/jko)