Walikota : Optimis, Perekonomian Kota Kediri Akan Terus Maju

| More
12 February 2019
WALIKOTA_ANTOK.jpg
Radio ANDIKA - Walikota Kediri ABDULLAH ABU BAKAR optimis perekonomian di Kota Kediri akan terus melaju. Ini dilihat dari indikator ekonomi dan sosial Kota Kediri terus menunjukkan tren positif dalam beberapa tahun terakhir. Inflasi rendah dan terkendali, stabilnya pertumbuhan, menurunnya angka kemiskinan, berkurangnya pengangguran terbuka dan meningkatnya investasi di Kota Kediri. Hal itu diungkapkan langsung oleh Walikota Kediri dalam Sosialisasi Data Ekonomi dan Data Sosial Tahun 2018, yang bertempat di Bank Indonesia.

ABDULLAH ABU BAKAR menjelaskan tren positif tersebut terjadi karena kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah Kota Kediri tepat sasaran. Dalam membuat kebijakan, Pemerintah Kota Kediri selalu menggunakan data dari Badan Pusat Statistik (BPS). Data-data dari BPS digunakan untuk mengembangkan Kota Kediri. Pemerintah Kota Kediri juga mengajak perbankan dan akademisi untuk mendorong perekonomian Kota Kediri melaju lebih kencang. Sehingga akan lebih mensejahterakan masyarakat di Kota Kediri.

Dalam sosialisasi ini, Mas ABU juga memaparkan beberapa capaian indikator ekonomi di Kota Kediri. Diantaranya,  PDRB (atas dasar harga berlaku) Kota Kediri pada tahun 2017 sebesar 116,06 trilyun atau meningkat 9,67 trilyun dari tahun sebelumnya sebesar 106,39 trilyun. Pertumbuhan ekonomi di Kota Kediri tanpa industri tembakau mencapai 7.02% atau meningkat sebesar 0,80% dari tahun sebelumnya sebesar 6,22%. Sementara untuk pertumbuhan ekonomi keselurahan, Kota Kediri berada diangka 5,14%.(atc/ssi)