Sungai Meluap, Rendam Enam Desa Dan Tiga Kecamatan Di Nganjuk

| More
11 February 2019
bodor.jpg
Radio ANDIKA - Hujan lebat diwilayah Kabupaten Nganjuk kemarin malam, menyebabkan banjir di 3 Kecamatan yakni Ngetos, Berbek dan Pace Nganjuk, terdiri dari 6 Desa yakni Desa Kuncir, Mojoduwur, Cepoko, Mlilir, Batembat dan Banaran. Kronologi kejadian banjir di Kabupaten Nganjuk yang menimpa enam Desa di tiga Kecamatan bermula hujan lebat di wilayah Kabupaten Nganjuk dengan intensitas cukup deras, utamanya di daerah pegunungan lereng gunung wilis selama kurang lebih 3 jam yang mengakibatkan  meluapnya sungai kuncir, anak sungai kuncir sungai bodor sampai dam Baduk.

Tim TBBL (Trengginas Bencana Bidang Linmas)  menuju lokasi bencana banjir. Tim menuju Desa Cepoko Kecamatan Berbek, namun banjir telah surut dan telah dilakukan penghitungan kerugian oleh BPBD, Perangkat Desa setempat dan dibantu oleh Satpol PP Bidang Linmas / Tim TBBL. Selanjutnya tim menuju Sungai kuncir hasil pemantauan, sungai kuncir meluap dengan air yang cukup deras, setelah itu tim bergerak ke desa Mojoduwur dan mlilir. Di desa tersebut, banjir telah surut namun air masih ada di area persawahan dengan arus yang lumayan deras.

Selanjutnya tim bergerak menuju Desa Batembat Kecamatan Pace Nganjuk. Masih terdapat genangan sekitar 40-60 cm sehingga jalan desa Batembat arah Dusun Wlingi terendam air sehingga tidak dapat dilalui kendaraan. Setelah itu tim bergerak menuju Desa Banaran Kecamatan Pace, didapati sungai Bodor meluap sehingga masuk hingga jalan raya Banaran menuju baduk atau sepanjang sungai Bodor. Tim melaksanakan pemantauan di beberapa titik banjir dan membantu BPBD melaksanakan penghitungan kerugian.

Dampak yang ditimbulkan dari bencana banjir ini adalah terputusnya jalur penghubung antar Desa, jalan desa terendam dan rumah serta area persawahan terendam banjir dengan ketinggian kurang lebih 40-60 cm. Bencana Banjir diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi sehingga mengakibatkan banjir bandang skala kecil di 6 Desa dan 3 Kecamatan. Bencana banjir ini cepat surut karena air mengalir dengan deras ke Kali Baduk.
 
Informasi dari Pak ABDUL WAKID MM Kasatpol PP Kabupaten Nganjuk (atc/eva)