Hujan Lebat Akibatkan Rumah Rusak di Purwoasri Kediri

| More
12 January 2019
352.jpg

Radio ANDIKA - Pak WINDOKO - Komandan Unit Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Kediri saat ON AIR di Dermaga Raya Radio ANDIKA menyampaikan, saat ini BPBD Kabupaten Kediri sedang melakukan proses pembersihan dan penyisiran ke rumah warga yang terdampak hujan lebat kemarin sore di Purwoasri Kediri.

Beberapa fasilitas umum sudah dibersihkan dari pohon yang tumbang, seperti di SDN Dayu Kecamatan Purwoasri ada 5 pohon yang tumbang. Pembersihan dilanjutkan ke rumah Bu WENI, kondisi atap rumahnya tertimpa pohon mangga dan ke rumah Pak SUKADI, atap rumahnya juga tertimpa pohon mangga dan rambutan. Keduanya warga Desa Woromarto Kecamatan Purwoasri.

Pak WINDOKO menambahkan, karena tidak ada back up data-data rumah yang terdampak dan butuh penanganan dari Pemdes setempat, membuat petugas harus melakukan penyisiran sendiri. Sehingga proses evakuasi dan pembersihan di lapangan sedikit terhambat.

Sebanyak 7 personil BPBD Kabupaten Kediri dibantu 13 Banser Satkoryon Purwoasri, dan Polsek Purwoasri Kediri untuk melakukan evakuasi dan pembersihan dilapangan dengan membawa 7 alat gergaji. Pak WINDOKO menghimbau warga, apabila ada kondisi pohon yang membahayakan, seperti daun pohon yang terlalu lebat dan usia pohon yang sudah tua, pohon diharapkan segera dipotong.

Sementara itu, AIPTU BUDI SANTOSO Kasi Humas Polsek Purwoasri Kediri menambahkan kerusakan akibat hujan lebat kemarin tidak hanya terjadi di Desa Woromarto tetapi juga meluas ke Desa Mekikis, Desa Bulu, Desa Tugu, Desa Sumberejo, Desa Muneng, Desa Karangpakis dan Desa Dayu. Bahkan jembatan di Desa Dayu mengalami kerusakan.(eva/dip)