Yuk, Intip Rahasia Sukses Jadi Wanita Panutan Masa Kini

| More
28 November 2018
Ilustrasi-Wanita-Karir-iStockphoto31.jpg
Menjadi seorang wanita yang sukses dan jadi panutan tentunya sebuah hal positif yang tak ternilai harganya. Tentu tidak bisa begitu saja untuk bisa menjadi wanita panutan. Butuh upaya dan strategi yang tepat untuk mewujudkannya.

Seorang wanita yang sukses menjadi panutan masa kini tidaklah sulit. Mengingat era modern seperti sekarang ini memudahkan orang mengakses informasi maupun menularkan gaya hidup kepada khalayak umum untuk dijadikan role model atau panutan.

Lalu, bagaimana cara menjadi sosok wanita yang seperti itu? Seperti dikutip dari Cermati.com, yuk intip rahasia sukses jadi wanita panutan masa kini.

1. Bisa Atur Keuangan

Menghabiskan uang untuk berfoya-foya sudah tidak zamannya lagi. Sudah saatnya kamu belajar tentang cara mengelola uang dengan baik, terutama jika ingin menikah dalam waktu dekat ini.

Apabila kamu terus meminta uang dari orangtua, sampai kapan akan terus bergantung pada mereka? Dan kalaupun sudah bekerja tapi ternyata tak punya tabungan, mau sampai kapan hidup serba tak teratur?

Untuk itu, belajarlah dari para wanita yang pandai mengatur keuangan untuk masa depan yang lebih baik dan stabil. Karena kemampuan mengatur keuangan ini sangat penting untuk keberlangsungan hidup seseorang agar tak berantakan.

2. Bijak dalam Berutang

Wanita yang sukses dan menjadi panutan tak lepas dari bagaimana mengelola utang. Tidak ada salahnya berutang. Tapi wanita yang bisa menjadi panutan biasanya mereka bijak dalam berutang.

Maksudnya adalah mereka memanfaatkan dana dari utang ini untuk kegiatan yang produktif, seperti berwisausaha, memaksimalkan keuntungan dari promosi untuk membeli produk-produk yang dibutuhkan.

Jadi, misalnya punya kartu kredit, gunakan untuk mendapatkan diskon dari barang-barang belanjaan kebutuhan sehari-hari.

3. Rutin Menabung meski Tak Besar

Menabung sering kali terlupakan atau terlewatkan. Tapi tidak bagi wanita yang masuk dalam kategori bisa jadi panutan di masa kini. Sebab wanita modern dan cerdas adalah mereka yang merdeka finansial.

Caranya? Salah satunya adalah tak lupa untuk menabung. Kendati jumlahnya kecil, jika rutin menabung, maka akan ada hasil yang luar biasa di masa depan. Sebagaimana pepatah katakan “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”.

Kamu bisa membuka rekening tabungan yang baru. Bisa juga dengan menabung di celengan lucu. Intinya, pilih cara menabung yang paling mudah dan membuatmu nyaman untuk menciptakan rasa gemar menabung.

4. Mau Mengolah Makanan Segar

Kebanyakan perempuan ingin yang serba praktis. Padahal, tidak semua yang praktis itu baik untuk kesehatan, terutama makanan. Nah, wanita sukses yang bisa menjadi panutan salah satunya mau dan mampu meracik bumbu masakan.

Nah, bagi kamu yang lebih suka atau terbiasa dengan makanan serba instan yang tentunya menggunakan bahan-bahan atau bumbu masakan instan pula, mulailah untuk mengubah kebiasaan ini. Karena bagaimanapun juga, masakan atau makanan segar lebih baik untuk kesehatan.

5. Berdandan Sederhana tapi Elegan

Kemampuan wanita yang sukses dan menjadi panutan juga tak lepas dari kemampuan dia dalam berpenampilan atau merawat diri. Sebab mau tidak mau, penampilan seseorang juga memengaruhi penilaian orang di sekitar.

Tak perlu ke salon setiap saat, karena tentunya butuh biaya mahal. Kamu bisa merawat diri sendiri dengan bahan-bahan yang diperlukan serta berdandan secukupnya atau sewajarnya saja namun terlihat elegan. Bahkan kamu juga bisa menghemat pengeluaran dari kebutuhan yang satu ini.

6. Mampu Membangun Komunikasi yang Baik

Menjadi wanika sukses dan panutan juga tak lepas dari kemampuan dia membangun komunikasi. Nah, kemampuan membangun komunikasi ini juga tidak bisa serta merta datang begitu saja tanpa adanya upaya belajar dan latihan.

Jadi, kamu bisa meniru dengan mengasah kemampuan berkomunikasi yang baik melalui kursus, misalnya. Sehingga kamu bisa merepresantasikan diri dengan orang lain dan meningkatkan karier di masa yang akan datang.

Anda juga bisa melatihnya melalui bergabung dengan komunitas atau mengikuti seminar, dan lainnya, yang memungkinkan berinteraksi dengan banyak orang.

7. Berani Hidup Mandiri

Perempuan yang mampu hidup mandiri menjadi wanita idaman juga bagian dari wanita sukses dan panutan. Sebab, perempuan tipe ini tidak suka menyusahkan orang yang ada di sekitarnya. Apakah kamu termasuk salah satu perempuan yang mandiri?

Kemandirian seseorang bisa dilihat dari hal-hal sederhana seperti mampu mengatur jadwal tidur dengan baik untuk meningkatkan produktivitas kerja, tidak selalu minta tolong kepada orang lain untuk hal-hal kecil atau sesuatu yang memang bisa dikerjakan sendiri.

8. Rutin Baca Buku untuk Memperluas Wawasan

Kita semua tahu kalau buku adalah jendela dunia. Tetapi, apakah kamu selalu meluangkan waktu untuk membaca? Dan wanita sukses yang juga jadi panutan adalah mereka yang gemar dan rutin membaca buku untuk memperluas pengetahuan.

Manfaatkan waktu luang atau di sela-sela rutinitas sehari-hari maupun di akhir pekan untuk membaca berbagai macam. Pastikan satu buku habis dibaca dalam satu bulan agar pengetahuanmu bertambah luas.

Menjadi Wanita Sukses Sekaligus Panutan adalah Kebanggaan

Tak sulit untuk menjadi wanita sukses sekaligus panutan positif buat orang lain. Selain hanya dibutuhkan kemauan, juga semangat untuk terus memupuk diri menjadi lebih baik lagi.

Kuncinya, terus belajar karena ilmu pengetahuan itu dinamis, sama halnya seperti kehidupan yang terus bergerak dan berubah mengikuti zaman.(Fitriana Monica Sari-liputan6.com/jko)