Begini Cara Manfaatkan Teknologi dalam Bisnis Kamu

| More
30 October 2018
bisniss.jpg
Hadirnya teknologi dalam kehidupan kita, tentu membawa banyak perubahan termasuk memodifikasi sistem kinerja yang ada. Tidak hanya bisnis dengan skala besar, tetapi small dan medium bisnis (UKM) juga perlu menerapkan teknologi dalam bisnisnya. Teknologi dapat membantu kamu sebagai pemilik bisnis UKM untuk meningkatkan efisiensi.

Dilansir dari Excellence.asia, berikut 5 cara memanfaatkan teknologi dalam bisnis kamu.

1. Tingkatkan produktivitas

Setiap bisnis tentu perlu melakukan berbagai inovasi dan improvement untuk bisa memaksimalkan produktivitas kerja. Adanya teknologi memungkinkan kamu untuk bisa menggunakan berbagai software dan hardware, misalnya untuk pencatatan waktu kerja atau alat presensi karyawan yang biasa disebut fingerprint.

Tidak hanya itu, kamu bisa memaksimalkan proses kerja dengan manajemen tugas yang baik melalui teknologi. kamu bisa memantau kinerja semua karyawan menggunakan software dan dapat diakses dimana saja serta kapan saja. Produktivitas kerja bisa ditingkatkan dengan memanfaatkan teknologi. Asalkan kamu dapat memilih teknologi yang tepat dan sesuai dengan fungsi yang kamu butuhkan.

2. Tingkatkan pemasaran

Apakah kamu memiliki bisnis kuliner atau mengelola travel agent? Apapun bisnis yang dimiliki, kamu perlu memasarkan bisnis kamu jika ingin sukses. Adanya teknologi membantu kamu untuk membuat rencana pemasaran terbaik yang bisa kamu perbarui dan bagikan kepada semua tim kerja. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial.

Hal ini merupakan salah satu tips paling bermanfaat untuk bisa meningkatkan pemasaran bisnis. Kamu bisa melakukan promosi melalui media sosial, termasuk membuat iklan untuk bisnis kamu di Facebook, Instagram, dan Google. Teknologi bisa membuat keajaiban untuk bisnis kamu – ketika kamu membuat suatu titik untuk memanfaatkan pemasaran menggunakan video dan membangun situs yang kuat.

3. Berikan layanan pelanggan yang lebih baik

Pelanggan adalah sumber kehidupan bisnis – inilah alasan penting untuk memprioritaskan perawatan terbaik bagi pelanggan kamu setiap hari. Apakah kamu tidak yakin dalam memastikan kepuasan pelanggan terhadap produk/jasa yang kamu jual? Teknologi adalah jawaban kamu; menemukan berbagai informasi terkait survei kepuasan pelanggan.

Bahkan kamu bisa melakukan survei online kepada para pelanggan. Tidak hanya itu, adanya media sosial bisa membantu kamu bisa mendapatkan review dari pelanggan terkait produk yang kamu jual. Nantinya hasil survei ini sangat bermanfaat buat kamu sebagai pemilik bisnis untuk bisa meningkatkan customer service dan kualitas dari produk yang dijual.

4. Berkomunikasi dengan lebih efektif

Teknologi telah mengubah berbagai sistem kerja di perusahaan-perusahaan besar. Tidak sedikit pula perusahaan baru yang muncul dan menawarkan sistem kerja yang jauh lebih modern dan menarik. Terutama dengan hadirnya generasi milenial saat ini. Komunikasi menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam bisnis.

Sebagai pemilik bisnis, kamu tidak boleh mengesampingkan ‘komunikasi’ dalam bisnis. Memanfaatkan teknologi untuk membangun komunikasi yang lebih efektif bisa diterapkan. Kamu bisa mulai mencoba menggunakan aplikasi untuk komunikasi internal tim, misalnya Google Chat dan Slack.

Dua aplikasi ini mempermudah kamu untuk saling berbagi informasi tentang pekerjaan serta dalam melakukan monitoring. Jika kamu belum memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan komunikasi, sekarang adalah saat yang tepat untuk memulai.

5. Membangun tingkat keamanan informasi bisnis

Keamanan informasi bisnis dapat dikompromikan tanpa teknologi dan perangkat lunak yang tepat.Banyak peretas/hacker untuk mendapatkan akses ke informasi sensitif. Inilah mengapa kamu harus menerapkan teknologi sebagai tempat berlindung yang aman untuk mencoba mencegah pelanggaran keamanan ini.

Teknologi memastikan bahwa informasi dapat diakses oleh orang yang tepat melalui permintaan kata sandi maupun email yang terkonfirmasi, sehingga dapat menghindari kebocoran data pribadi.

Sebagai pemilik bisnis, kamu perlu memahami dan menerapkan teknologi canggih untuk menjaga persaingan bisnis kamu. Tidak dapat disangkal bahwa teknologi membentuk kembali setiap aspek tempat kerja, dan memiliki alat yang tepat di tempat akan membantu bisnis kamu tetap di depan.(Felicia Margaretha-liputan6.com/jko)