10 Hal Ini Bikin Anda Susah Naik Jabatan, Apa Saja?

| More
08 October 2018
help.jpg
Sukses dalam karier dan memiliki masa depan cerah merupakan hal yang diinginkan oleh banyak orang. Namun di dalam praktiknya, hal ini tidaklah semudah yang dibayangkan, terutama bagi para pemula yang baru saja terjun ke dunia kerja.

Ada banyak masalah yang kerap terjadi, beberapa di antaranya bahkan bisa saja tidak Anda sadari dan prediksi. Pastikan Anda mengenal berbagai masalah yang bisa menghambat karier, agar langkah Anda dalam menitinya dengan baik dan meraih kesuksesan.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut sepuluh penghambat karier Anda untuk bisa berkembang. Kenali dan lakukan cara yang tepat untuk mengatasinya.

1. Tidak Berani untuk Memulai Sesuatu

Menjadi pemula selalu identik dengan berbagai ketakutan, termasuk untuk memulai karier. Rasa takut seperti ini tentu sangat wajar, namun akan sangat merugikan jika dibiarkan terus berkembang dan menjadi penghalang di dalam karier Anda.

Hindari rasa takut ini sejak awal, yakni dengan memilih bidang yang tepat dan mamulai karier sesegera mungkin.

2. Menyia-nyiakan Peluang yang Ada

Ada banyak peluang yang mungkin datang, namun bisa saja kesempatan itu menjadi satu-satunya yang terbaik di dalam hidup Anda.

Membuang banyak kesempatan, sama saja dengan menyia-nyiakan peluang sukses Anda di masa yang akan datang. Pastikan Anda memanfaatkan setiap kesempatan yang ada dan tidak membuangnya dengan sia-sia.

3. Takut Mengambil Risiko

Kesuksesan kerap bersanding dengan sejumlah risiko di dalamnya. Nah, hal ini harus Anda pahami saat berkarier. Jika takut mengambil risiko, maka Anda juga sedang menunda kesuksesan di dalam karier.

Hindari hal ini dengan tepat, yakni dengan mengenal dan berani mengambil risiko yang mungkin akan Anda hadapi di dalam perjalanan karier, termasuk mengelola berbagai risiko tersebut dengan cara-cara yang tepat.

4. Tidak Memiliki Rasa Percaya Diri

Apapun karier yang akan Anda geluti, pasti membutuhkan rasa percaya diri untuk memulainya dengan baik. Rasa percaya diri akan membuat Anda memiliki nilai lebih dan juga kenyamanan yang maksimal untuk menghadapi berbagai tantangan di dalam karier tersebut.

5. Tak Enak Hati Menolak Permintaan Orang Lain

Memiliki sifat yang baik dan murah hati adalah hal yang positif. Namun jika berlebihan, maka bisa menjadi kekurangan tersendiri di dalam diri seseorang.

Jangan selalu mengiyakan permintaan orang lain, terutama yang akan menyulitkan dan membuat Anda repot. Mulailah memilih dan membatasi sikap seperti ini, agar bisa lebih berkonsentrasi pada urusan serta karier Anda.

6. Tidak Yakin pada Keahlian Sendiri

Keahlian adalah aset berharga di dalam diri Anda. Namun jika Anda tidak yakin dengan hal tersebut, maka bagaimana Anda akan menunjukkan dan mengelolanya dengan baik di dalam karier Anda?

Untuk itu bekali diri dengan keterampilan dan kemampuan yang mumpuni serta percaya dirilah bahwa Anda bisa.

7. Tak Punya Jaringan yang Luas

Terbiasa memilih-milih teman dan hanya bergaul nyaman dengan orang-orang itu saja, maka Anda hanya akan memiliki jaringan yang sempit dan terbatas.

Hal ini bisa saja menghambat karier dan kesuksesan Anda di masa yang akan datang. Untuk itu, mulailah membuka diri dan bangun jaringan yang lebih luas, agar Anda bisa berkembang dan membuka peluang sukses yang lebih besar lagi.

8. Bersikap Sok Pintar dan Paling Tahu Segalanya

Percaya diri tentu perlu, namun bukan berarti Anda harus bersikap sok pintar dan tahu dalam segala hal. Ini akan membuat Anda besar kepala dan tidak bisa berkembang dengan baik di dalam karier.

Hindari hal ini sejak awal, agar Anda bisa bekerjasama dengan orang lain dan selalu belajar untuk memperbaiki diri.

9. Tidak Menerapkan Strategi yang Tepat

Untuk sukses di dalam karier, Anda akan membutuhkan strategi yang jitu sejak awal. Namun strategi ini bisa saja meleset dari perkiraan atau bahkan tidak sesuai dengan rencana.

Untuk mengatasi kondisi ini, atur dan terapkan strategi yang tepat, termasuk menyiapkan strategi cadangan sebagai solusi lainnya jika strategi utama tidak berhasil.

10. Ingin Bekerja Sendiri dan Tidak Bisa Bekerja dalam Tim

Banyak pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan seorang diri, di mana Anda membutuhkan bantuan orang lain untuk menyelesaikannya.

Jika ingin sukses, pastikan Anda bisa bekerja sama dengan orang lain atau tim, sehingga langkah Anda untuk meniti karier bisa berjalan dengan baik.

Menikmati Setiap Tantangan di dalam Meniti Karier

Jika Anda ingin sukses dalam meniti karier, pastikan Anda memiliki persiapan yang baik sejak awal. Hal ini penting, untuk membuat berbagai langkah Anda menjadi lebih mudah dan lancar.

Nikmati setiap tantangan yang datang di dalam karier Anda, agar semuanya terasa lebih ringan dan menyenangkan untuk dihadapi.(Fitriana Monica Sari-liputan6.com/jko)