Cara Mudah Dapatkan Pekerjaan meski Belum Lulus Kuliah

| More
19 September 2018
karier2.jpg
Siapa bilang bekerja harus menunggu lulus kuliah terlebih dahulu. Artinya, belum mengantongi ijazah yang menandakan kamu lulus kuliah bukan jadi hambatan lagi untuk memperoleh pekerjaanyang diinginkan.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan meski masih kuliah, ada cara yang mudah untuk dilakukan. Di beberapa negara lain, hal seperti ini bahkan lazim dan banyak dilakukan oleh para mahasiswa.

Pada dasarnya, ada banyak pekerjaan yang bisa didapatkan, meski kamu belum lulus kuliah. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa menjadi pekerjaan tetap. Namun sebagaimana pekerja lainnya yang akan mencari pekerjaan, kamu juga harus memiliki persiapan yang matang untuk terjun ke dunia kerja dan bekerja secepatnya.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara mudah mendapatkan pekerjaan meski belum lulus kuliah.

1. Menjadi Pekerja Lepas (Freelancer)

Tidak harus selalu bekerja kantoran dan tampil formal dengan setelan busana kerja, kamu bisa saja bekerja dari rumah atau di mana pun berada dengan mudah. Nah, menjadi seorang pekerja lepas salah satunya yang bisa dilakukan.

Bahkan menjadi freelancer belakang ini cukup banyak diminati, terutama kalangan anak muda. Pekerjaan yang satu ini dianggap fleksibel dan lebih nyaman untuk dilakukan, karena tidak ada keharusan untuk mendatangi kantor dan juga tidak terikat dengan jam kantor yang pada umumnya sulit dipenuhi oleh sebagian orang.

Hal ini akan sesuai denganmu, mengingat kamu masih kuliah dan belum benar-benar “bebas” dari aktivitas kampus. Ada banyak jenis pekerjaan yang biasanya dilakukan freelancer, seperti penerjemah, penulis, konsultan, dan yang lainnya.

Pilihlah salah satu jenis pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan kemampuan, agar kamu bisa menikmatinya dengan cara yang menyenangkan pula.

2. Mulailah Magang

Belum memiliki ijazah untuk bekerja sebagai profesional, kamu bisa mengawali karier menjadi anak magang terlebih dahulu. Tidak perlu minder, ada banyak perusahaan yang dengan senang hati menerima mahasiswa magang di kantor mereka, terutama jika kamu memiliki skill yang dibutuhkan perusahaan.

Pilih pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan minat serta kemampuan, sehingga kamu bisa nyaman dan cepat belajar di perusahaan tersebut. Siapa tahu, setelah lulus nanti perusahaan tersebut justru ingin merekrutmu menjadi karyawan mereka, bukan? (Baca Juga: Berhenti Kuliah atau lanjut? Ini Jawabannya)

3. Bangunlah Sebuah Jaringan

Sama halnya dengan bisnis, mencari pekerjaan juga kerap membutuhkan jaringan yang luas dan kamu harus menyadari hal ini dengan baik. Jaringan yang baik bisa membuat kamu lebih mudah untuk mendapatkan berbagai informasi atau bahkan pekerjaan.

Di sela-sela mencari pekerjaan saat belum lulus kuliah, manfaatkan waktumu untuk membangun jaringan seluas-luasnya. Hal ini penting dan bisa dijadikan sebagai bentuk investasi pada masa depanmu nanti.

4. Jangan Malas Ikut Pelatihan

Tentu saja, kampus tidak selalu memberikan semua yang kamu butuhkan untuk bekerja dan menjadi karyawan yang luar biasa. Beberapa ilmu lainnya perlu dan bisa diperoleh di tempat lain, terutama yang berhubungan dengan pengembangan diri serta kepribadianmu.

Mulailah mengikuti pelatihan-pelatihan yang bisa membangun dan menambah nilai jualmu di mata perusahaan, sehingga kamu memiliki lebih banyak keterampilan. Pilih pelatihan yang sesuai dengan minat dan juga jurusan pendidikan kamu, agar hal tersebut benar-benar bisa mendukungmu di masa yang akan datang. (Baca Juga: Ini Caranya Bekerja Sambil Kuliah Secara Efisien dan Efektif)

5. Kembangkan Kemampuan Diri Melalui Media Sosial

Media sosial bukan hanya wadah untuk menemukan dan berkomunikasi dengan teman, bahkan orang lain. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengembangkan diri dan membangun citra profesional dalam dirimu.

Saat ini, ada banyak perusahaan yang menjadikan hal tersebut sebagai pertimbangan mereka dalam merekrut karyawan baru. Nah, kenapa tidak kamu manfaatkan kesempatan itu?

Manfaatkan Waktu untuk Mengembangkan Diri dalam Berkarier

Bekerja sebelum lulus menjadi hal menyenangkan yang bisa dilakukan, terutama jika kamu memang sudah tidak memiliki aktivitas padat di kampus.

Pilih pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan minatmu, sehingga kamu bisa memanfaatkan waktu di akhir kuliah tersebut untuk mengembangkan diri. Selain memperkaya diri dengan pengalaman, kamu juga bisa saja mendapatkan uang dari aktivitas tersebut, bukan?(Fitriana Monica Sari-liputan6.com/jko)