Truk Muat Tebu Ditabrak Bus Terguling di Bypass Mojokerto

| More
17 September 2018
truk9.jpg
Sebuah truk sarat muatan tebu terguling setelah ditabrak Bus Sugeng Rahayu di Bypass Mojokerto. Meski tak ada korban, kemacetan sempat terjadi lantaran muatan tebu yang tumpah menutup sebagian jalur Madiun-Surabaya.

Kenek Bus Sugeng Rahayu, Mashuri (30) mengatakan, bus nopol W 9796 UZ melaju dari arah Surabaya menuju Jombang. Saat kecelakaan, bus yang dibawa mengangkut sekitar 64 penumpang.

Tiba di lokasi kecelakaan di Bypass Mojokerto, Desa Banjaragung, Kecamatan Puri sekitar pukul 12.30 WIB. Bus sarat penumpang itu menabrak truk nopol W 8108 CA. Truk yang dikemudikan Uwar (67) warga Desa Tungguljagir, Mantup, Lamongan, itu pun setelah dihantam bus.

"Posisi truk akan putar balik mau ke arah Surabaya, dia tak melihat kalau ada bus. Sudah diklakson, sopir bus juga sudah berusaha mengindar dengan banting stir ke kiri tapi tak nutut, akhirnya kena ekor truk," kata Mashuri kepada wartawan di lokasi kecelakaan, Senin (17/9/2018).

Akibat tabrakan ini, kaca depan bus hancur. Sementara truk terguling di lajur Madiun-Surabaya. Muatan tebu tumpah ke jalan. Akibatnya arus lalu lintas dari arah Jombang tersendat.

Mashuri memastikan tak ada penumpang bus yang terluka akibat tabrakan ini. "Sopir, kondektur dan saya sendiri Alhamdulillah selamat," ujarnya.

Sementara sopir truk tebu Uwar menuturkan, saat akan memutar balik ke arah Surabaya, dirinya belum melihat adanya bus Sugeng Rahayu. Dia memutar balik lantaran lokasi gudang yang akan dia datangi untuk menyetorkan tebu, sudah terlewatkan.

"Busnya saya lihat belum kelihatan, makanya saya berani memutar balik," ujarnya.

Uwar menuding, sopir bus melaju dari arah Surabaya ke Jombang kurang waspada. Sehingga tak melihat truk yang dikemudikan sedang memutar balik.

"Bus tak ngerem, tak ada bekas rem," ungkapnya.

Beruntung Uwar dan seorang pria yang menumpang truknya, selamat. Dia hanya mengalami luka lecet di bagian kaki. Tampak sejumlah polisi mengatur lalu lintas di lokasi. Sementara Bus Sugeng Rahayu diamankan ke Polsek Sooko. Hingga kini truk yang terguling belum selesai dievakuasi.(Muhammad Aminudin - detikNews/jko)