Mau Cepat Bangkit dari Kegagalan? Coba 5 Cara Jitu Ini

| More
25 July 2018
semangat.jpg
Kenyataan memang tak selamanya sejalan dengan keinginan. Tak jarang, kenyataan yang ada sering kali di luar ekspektasi, bahkan jauh dari yang kita harapkan. Seperti kegagalan, yang kedatangannya tak pernah diharapkan.

Walaupun kegagalan merupakan hal yang paling ditakuti oleh banyak orang, kita haruslah mampu menghadapinya agar mampu move on atau bangkit dari kegagalan dan mencapai kesuksesan. Memang tak semudah membalikkan telapak tangan untuk bangkit dari kegagalan, namun tidaklah mustahil, selama kita mau berusaha dan semangat.

Lalu, bagaimana cara bisa kembali bangkit? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara menghadapi kegagalan dan bisa cepat move on.

1. Pasang Senyuman di Wajah

Kegagalan yang dialami pastilah meninggalkan rasa kecewa yang membekas karena usaha kita terkesan sia-sia dan tak berarti. Walau demikian, jangan lupa bahwa kamu berhak bahagia. Jangan sampai gagal menghilangkan senyum di wajah.

Hadapi kegagalan dengan hati yang sabar dan penuh senyuman, dijamin Anda akan merasa lebih lega dan tidak berlarut dalam kesedihan lagi. Sehingga, Anda pun siap untuk melangkah lebih jauh lagi meraih kesuksesan. Jadi, tersenyumlah bukan hanya di hati saja, tapi benar-benar pasang senyuman itu di wajah Anda.

2. Ingatlah, Kegagalan Itu Proses Menuju Keberhasilan

Gagal memanglah sakit. Tapi Anda harus percaya bahwa kegagalan itulah yang akan menguatkan diri untuk kembali bangkit. Ingatlah bahwa tidak ada kesuksesan yang bisa dicapai dengan cara yang instan, semua pasti melalui proses panjang dan rintangan, termasuk kegagalan.

Di saat mengalami kegagalan, janganlah takut. Di posisi itulah Anda akan banyak belajar tentang diri Anda untuk ditempa sebelum menerima keberhasilan. Jadi, selalu ingat-ingat sekelumit nasihat lama itu, ya?

3. Tak Enggan untuk Belajar dari Pengalaman

Pelajaran tidak melulu dari pengalaman sendiri, tapi juga bisa diperoleh dari pengalaman orang lain. Tak ada salahnya Anda belajar dari pengalaman orang lain, dari kegagalan yang pernah mereka hadapi. Sehingga Anda tidak mengalami kegagalan yang sama.

Dan kalaupun Anda pernah mengalami kegagalan, itu bukanlah sesuatu yang buruk. Pengalaman gagal tersebut setidaknya memberi kesempatan baru bagi Anda untuk belajar lebih baik lagi.

Gagal berkali-kali sekalipun membuat Anda punya kesempatan lebih untuk belajar berkali-kali. Pengalaman adalah guru terbaik, bukan? Sama halnya dengan pengalaman kegagalan, bisa menjadi guru Anda untuk menghadapi tahap selanjutnya dalam hidup.

4. Ayo Optimis!

Nah, berikutnya adalah Anda wajib punya sikap optimis jika mau bangkit dari kegagalan. Anda harus mampu berpikir positif atas segala kegagalan yang pernah dialami dan mengubahnya menjadi semangat baru untuk meraih sukses.

Bersedih saat gagal boleh saja, tapi jangan pernah larut dan berlama-lama dalam kesedihan hingga merasa putus asa. Ambilah hikmah dari kegagalan yang Anda hadapi dan jadikan sebagai pengalaman berharga agar Anda tak mengulangi kesalahan yang sama di hari depan.

5. Minta Dukungan Positif dari Orang Terdekat

Di saat sedang jatuh atau mengalami kegagalan, seseorang pasti membutuhkan motivasi dan semangat dari orang lain. Anda bisa menceritakan pengalaman kegagalan itu kepada orang-orang terdekat, seperti sahabat, pasangan, maupun orangtua.

Dukungan positif dari orang lain biasanya ampuh memberi jalan keluar serta menambah semangat dalam diri untuk bangkit dan terus berjuang meraih sukses. Karena Anda akan mendapatkan energi positif itu dan membuat semangat kembali.

Semangat! Kegagalan Bukanlah Akhir Segalanya

Ingatlah bahwa kegagalan bukan akhir dari segalanya. Kegagalan merupakan proses yang wajar untuk dilewati setiap orang yang mau menuju kesuksesan. Hadapi kegagalan dengan sukacita dan keinginan untuk terus belajar. Bangkitlah dari kegagalan, habiskan jatah gagal Anda hingga sukses ada di genggaman. Semangat!(Fitriana Monica Sari-liputan6.com/jko)