Cegukan Tak Kunjung Berhenti? Coba Cara Ini

| More
17 April 2018
cuguk.jpg
Hal yang biasa dilakukan untuk menghentikan cegukan adalah minum air. Biasanya setelah minum sembilan atau 10 teguk air putih cegukan akan berhenti. 

Namun, jika cara di atas tak mengentikan cegukan, bisa dicoba enam trik lainnya seperti dilansir Readersdigest.
 

Tutup mulut

Cara paling mudah untuk menghentikan cegukan adalah dengan menutup mulut. Bertambahnya karbon dioksida akan membantumu menyingkirkan cegukan.

Menekan telapak tangan

Menekan telapak tangan dengan ibu jari tangan yang lain juga akan menghentikan cegukan. Sebabnya akan muncul ketidaknyamanan yang kemudian mempengaruhi sistem saraf untuk menyingkirkan cegukan yang terjadi.
 

Menahan napas

Saat sedang cegukan, cobalah untuk menarik napas mendalam dan kemudian tahan. Ketika ada penumpukan karbondioksida di paru-paru, diafragma akan jadi rileks yang kemudian membantu menyingkirkan cegukan.

Menjulurkan lidah

Ketika tidak ada orang di sekitarmu, julurkan lidah. Gerakan ini akan merangsang pembukaan antara pita suara (glotis). Kamu akan bernapas lebih lancar dan kemudian memadamkan kejang yang menyebabkan cegukan.

Menutup telinga

Menghentikan cegukan ternyata bisa dilakukan dengan menutup telinga selama 20 hingga 30 detik. Selain itu, kamu juga bisa menekan area lunak di belakang daun telinga atau tepat di bawah pangkal tengkorak.(Febrianti Diah Kusumaningrum-Liputan6.com/jko)