Trik Bersih-bersih Gmail Penuh

| More
04 April 2018
gmail.jpg
Gmail sudah menjadi email yang jamak dipakai pengguna Internet saat ini. Enaknya menggunakan Gmail, pengguna mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis 15 GB. 

Untuk beberapa pengguna, kapasitas 15 GB tidak cukup menampung semua kiriman file atau data. Jika kapasitas Gmail sudah penuh, maka beberapa fitur Gmail tidak bisa berfungsi dan pengguna terancam tidak bisa menerima email masuk.
 

Google memberikan skema lanjutan untuk kapasitas penyimpanan yang sudah penuh, yakni pembelian penyimpanan akun Gmail. Sebelum mengambil opsi penambahan kapasitas email, pengguna bisa bersih-bersih Gmail, sehingga tak perlu membayar ke Google untuk penambahan kapasitas penyimpanan. 

 

Namun, perlu disadari untuk bersih-bersih email di Gmail ini, pengguna perlu teliti dan memastikan apakah dokumen yang akan dibersihkan dari email merupakan data penting atau tidak. Berikut trik dan langkah bersih-bersih Gmail:

1. Buka Gmail

2. Klik bagian bawah kiri Gmail yang menunjukkan seberapa besar penyimpanan yang telah digunakan. Klik 'kelola/manage' pada bagian kiri bawah

3. Pengguna akan mendapatkan chart yang menunjukkan seberapa besar penyimpanan dipakai pada Gmail, Foto maupun Google Drive

4. Klik 'lihat rinci/view detail/ pada bagian bawah chart tersebut

5. Pilih opsi 'pelajari selanjutnya/learn more

6. Langsung klik bagian Opsi 1: Clear Space dan pilih Gmail

7. Pada bagian ini terdapat empat langkah bersih-bersih dokumen di email. Pertama pengguna mengetik pada kotak pencarian Gmail, jenis file yang membawa lampiran berkapasitas besar. Biasanya ini yang membuat kapasitas penyimpanan Gmail cepat penuh. 

Pada kotak pencarian klik 'has:attachment larger:10M' atau kapasitas lampiran email yang diinginkan pengguna, bisa 'lebih dari 20M, 5M dan sebagainya. 

Setelah itu klik pada pencarian, dan akan segera muncul daftar email masuk yang punya lampiran berkapasitas besar. Pastikan dan sortir kembali email yang tidak dibutuhkan lagi, dan klik 'hapus/delete' dengan ikon sampah pada atas daftar email masuk.

Agar bisa mengurangi beban kapasitas, pengguna perlu mengklik ada menu Gmail pada sisi kiri. Klik 'More' dan pilih 'Trash'. Pengguna akan menemukan daftar email yang dihapus tadi. 

Selanjutnya kosongkan Trash, dengan mengklik 'Empty Trash Now'. Tunggu beberapa saat dan kapasitas Gmail pengguna akan berkurang.(Amal Nur Ngazis-viva.co.id/jko)