5 Tanda Karyawan Sudah Berada di Titik Terendah Karier, Anda Termasuk?

| More
27 March 2018
54.jpg
Rasanya hampir setiap orang pernah berada pada titik terendah dalam tempat kerja, terutama dalam pekerjaan. Apa pun itu pekerjaannya, tentu saja tidak bisa terlepas dari kondisi tersebut. Apalagi jika Anda bekerja dalam lingkup kantoran, sudah pasti akan rentan mengalami kondisi ini.

Mulai dari depresi hingga stres yang cukup berat akan dialami siapa pun yang berada pada titik terendah. Ada banyak hal yang menyebabkannya. Mulai dari beban pekerjaan yang menumpuk, waktu lembur yang setiap hari, salah paham dalam lingkungan kerja, dan banyak hal lainnya yang membuat Anda tidak fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.
 

Jika dibiarkan, bisa menyebabkan tingkat produktivitas menjadi menurun dan tentunya berdampak tidak baik untuk pekerjaan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu mengetahui apa yang menyebabkan kondisi tersebut bisa terjadi.

Anda harus mengetahui dengan pasti seperti apa tanda-tandanya. Dikutip dari Cermati.com, berikut ini ada beberapa tanda yang sering kali tidak disadari, tapi bisa membuat karyawan berada pada titik terendah di tempat kerja.

1. Hilang Fokus dalam Bekerja

Hilang fokus dalam bekerja wajar saja terjadi jika Anda merasa bosan dengan pekerjaan yang sama dan terus-menerus dilakukan setiap harinya. Namun, jika Anda hanya membiarkannya, tentu saja bisa memengaruhi citra profesional Anda di kantor.

Anda bisa menjadi sulit untuk berkosentrasi, bahkan hanya untuk mengerjakan sesuatu hal yang sederhana saja. Jika sudah seperti ini, segera lakukan cara untuk bisa membuat Anda rileks sejenak dari pekerjaan-pekerjaan di kantor.
 

2. Sulit dalam Menyampaikan Sesuatu

Jangankan untuk berbicara langsung dengan teman kerja lainnya yang ada di kantor, berkomunikasi dengan menggunakan e-mail yang padat dan singkat menjadi sulit untuk dilakukan. Orang yang sedang mengalami stres biasanya memang akan mudah kehilangan semangat meskipun hanya untuk sekadar mengobrol.

Pada saat itu, mungkin kondisi sedang tidak dalam keadaan baik. Dampaknya, apa yang ada di dalam pikirannya tidak akan sejalan dengan tindakannya pada saat itu. Padahal, menyampaikan sesuatu ataupun pendapat menjadi salah satu hal yang penting.

3. Lebih Menggunakan Perasaan daripada Pikiran

Terkadang orang yang berada pada titik terendah merasa lebih sensitif dan agresif saat berada dalam lingkungan kantor. Sensitif dan agresif adalah kedua sifat yang sering kali muncul secara bersamaan.

Jika kedua kondisi seperti tersebut terus-menerus dibiarkan, bukan tidak mungkin orang tersebut bisa melakukan tindakan yang tidak terpuji. Tentu saja akan menyebabkan terjadinya konflik antarsesama pegawai apalagi jika satu sama lainnya tidak saling memahami.
 

4. Kurang Peduli dengan Dirinya Sendiri

Stres secara tidak langsung akan membuat Anda melupakan kondisi kesehatan dan penampilan tubuh. Tidak hanya membuat tingkat kerja menurun, orang yang sering mengalami stres akan membuat dirinya cuek terhadap penampilannya. Hal ini karena pikirannya yang hanya akan tertuju pada pekerjaan-pekerjaannya saja.

Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka tentu saja akan membuat Anda sulit untuk mengendalikannya dan membuat mood selalu merasa buruk. Akibatnya, kesehatan dan penampilan menjadi hal yang tidak terlalu diperhatikan.

5. Lebih Sering Datang Terlambat daripada Tepat Waktu

Gejala lainnya yang sering kali tidak disadari kebanyakan orang adalah ketika mereka sering kali terlambat masuk kerja. Tingkat disiplin pegawai yang berada pada titik terendah akan menurun seiring dengan stres yang dirasakannya. Tak hanya bisa menyebabkan terlambat masuk kantor, tapi juga pastinya akan terlambat dalam menyelesaikan pekerjaan.

Segera Cari Jalan Keluar

Berada pada titik terendah bukanlah hal yang baik jika Anda membiarkannya terus-menerus. Tidak hanya akan mengganggu kinerja Anda, tapi juga akan mengganggu kehidupan Anda. Untuk itu, segera cari jalan keluarnya agar jangan sampai kondisi ini bisa merusak kehidupan Anda.(Fitriana Monica Sari-liputan6.com/jko)