Sukses Tanpa Gelar Sarjana? Bisa-bisa Saja

| More
12 February 2018
raijo2.jpg
Apakah gelar sarjana menjamin bahwa Anda akan mendapatkan pekerjaan yang layak? Pada kenyataannya ada orang bisa mencapai kesuksesan tanpa gelar.

Banyak pekerjaan yang membutuhkan ijazah S1 itu bukan profesi sembarangan. Mereka bisa benar-benar menghasilkan uang dan menuntut untuk punya kecerdasan.

Dengan atau tanpa gelar sarjana, Anda harus tetap bekerja keras. Banyak jalan sukses untuk Anda yang bukan sarjana, namun yang pasti tak ada tempat bagi yang bisanya cuma bermalas-malasan saja, ini cara sukses tanpa ijazah sarjana.

1. Menjadi Fotografer
Anda harus tahu banyak orang yang sukses menjadi fotografer. Sekarang, saatnya mengubah hobi mengambil gambar untauk menjadi sumber pemasukan. Tidak perlu melamar ke studio atau agensi, Anda bisa menjadi fotografer lepas.

Kebanyakan fotografer lepas mendapatkan pekerjaan setelah rajin memamerkan portofolio pada komunitas maupun taman sesama fotografer. Dengan teknologi oleh gambar digital yang terus berkembang Anda bisa membuat foto dengan warana dan persfektif menarik, sehingga pelanggan setia akan berdatangan dan rela merekomendasikan jasa Anda pada orang lain.

2. Menjadi Desainer
Menjadi desainer sebenarnya tidak butuh gelar sarjana yang terpenting mempunyai penghargaan tinggi pada estetika adalah awalan yang sempurna.

Kuliah desain itu mahal. Selain itu Anda juga dituntut untuk punya penguasaan mendalam berbagai bidang. Tidak hanya menggambar atau merancang saja, Anda juga harus mendalami berbagai teori ilmu berkomunikasi hingga filsafat seni.

Jadi bersyukurlah untuk menjadi desainer tidak membutuhkan gelar sarjana. Yang sangat dibutuhkan adalah klien. Dengan begitu berusaha merancang desain agar bisa menghasilkan yang baik.

3. Menjadi Produser Musik
Menjadi produser musik adalah pekerjaan yang cocok bagi pecinta musik tanpa gelar sarjana. Yang perlu dikembangkan adalah pengetahuan di bidang teknik audio, komposisi, dan tentunya musik, baik lewat pelatihan praktis di lembaga kursus atau bahkan berlatih secara otodidak.

Pastikan juga Anda memiliki relasi di industri musik, pada nyatanya banyak produser musik yang dulunya adalah musisi.

Pekerjaan ini tidak butuh kuliah, apalagi ijazah. Selama Anda punya ide, berani mematangkannya menjadi konsep, telaten menjadikannya sebagai produk dan ulet dalam memasarkannya, Anda bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses.(Tung Desem Waringin - detikFinance/jko)