5 Tanda Anda Kurang Minum Air Putih

| More
08 August 2017
minum1.jpg
Air merupakan komponen penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Air juga merupakan zat penting bagi kesehatan tubuh karena berperan sebagai pelarut, katalisator, pelumas, pengatur suhu tubuh serta penyedia mineral dan elektrolit. Karenanya penting untuk selalu minum air putih.

Kurang minum air putih dapat menyebabkan tubuh dehidrasi dan susah konsentrasi. Inilah tanda- tanda tubuh Anda kekurangan air, seperti yang dilansir dari laman Style Craze, Selasa (8/8/17).

1. Haus tak terkendali

Haus menandakan bahwa tubuh sudah mengalami dehidrasi. Inilah mengapa disarankan agar Anda cukup minum air putih saat akan atau sebelum memulai aktivitas fisik yang berat.

Jika Anda melanjutkan aktivitas meskipun haus, Anda mungkin akan mengalami mulut yang terlalu kering. Hentikan aktivitas dengan segera dan isi kembali tubuh dengan minum banyak air.

2. Kelaparan

Dehidrasi bermanifestasi dalam bentuk kelaparan. Tubuh salah menafsirkan kekurangan air dengan rasa lapar, dan ini bisa menyebabkan Anda menginginkan makanan tertentu dan makan berlebih. Minum air putih secara teratur tidak hanya akan memastikan Anda terhidrasi tetapi juga akan mengatasi rasa lapar tengah malam dan keinginan makan manis di pagi hari.

3. Kelelahan

Mungkin ada penyebab yang tak terhitung di balik kelelahan, tapi salah satu penyebab yang paling diabaikan adalah dehidrasi. Anda tidak hanya merasa lelah tapi juga bisa mengalami kesulitan dalam memusatkan perhatian pada tugas saat Anda mengalami dehidrasi.

Hindari mengkonsumsi stimulan seperti kopi jika Anda memiliki masalah kelelahan kronis. Stimulan bertindak sebagai diuretik dan membuat Anda buang air kecil berkali-kali menyebabkan semakin hilangnya air.

4. Sakit Kepala

Air dibutuhkan oleh setiap organ tubuh untuk bekerja secara efisien, tidak terkecuali otak. Tengkorak dienkapsulasi sedemikian rupa sehingga dikelilingi oleh Cerebro Spinal Fluid yang memastikan tidak ada gumpalan mekanis yang mengganggu fungsi otak.

Bila cairan di otak ini hilang, Anda akan mengalami sakit kepala karena tidak ada bantalan yang melindunginya dari tekanan mekanik dan gumpalan.

Jangan menunggu haus untuk tetap terhidrasi karena pada saat itu tubuh Anda sudah kekurangan cairan yang dibutuhkan. Minumlah air 6-8 gelas per hari agar terhindar dari dehidrasi.(Michelle Tania-Liputan6.com/jko)